Wednesday, December 30, 2015

Kebudayaan Sumatera Utara


Rumah adat merupakan salah satu aset kebudayaan bangsa ini. Setiap daerah memiliki rumah adat dengan ciri khas dan keunikan masing-masing. Namun, sayang semakin hari semakin banyak masyarakat daerah yang meninggalkan rumah adat dan beralih pada rumah biasa. Hanya sebagian daerah, orang, atau suku yang masih bertahan di rumah adat.
Salah satu rumah adat yang menarik ialah rumah adat Batak Karo. Rumah adat ini dikenal juga sebagai rumah adat Siwaluh Jabu. Siwaluh Jabu memiliki pengertian sebuah rumah yang didiami delapan keluarga. Masing-masing keluarga memiliki peran tersendiri di dalam rumah tersebut.

1. Rumah Adat
         a) Kabupaten ASAHAN
                          

             b) Kabupaten Batu Bara
                                        

              c) Kabupaten Deli sedang
                            
                d) Kabupaten Karo
                                       
Rumah adat Karo ini berbeda dengan rumah adat suku lainnya dan kekhasan itulah yang mencirikan rumah adat Karo. Bentuknya sangat megah diberi tanduk. Proses pendirian sampai kehidupan dalam rumah adat itu diatur oleh adat Karo, dan karena itulah disebut rumah adat.

Penempatan keluarga-keluarga dalam rumah adat Batak Karo ditentukan oleh adat Karo. Secara garis besar rumah adat ini terdiri atas jabu jahe (hilir) dan jabu julu (hulu). Jabu jahe juga dibagi menjadi dua bagian, yaitu jabu ujung kayu dan jabu rumah sendipar ujung kayu.

                   e) Kabupaten Langkat
                                     

                   f) Kabupaten Simalungun
                             
                               Rumah adatnya berbentuk panggung dengan lantai yang sebagian disangga balok-balok besar berjajar secar horizontal bersilangan. Balok-balok ini menumpu pada pondasi umpak. Dinding rumah agak miring dan memilliki sedikit bukaan/jendela. Atapnya memilliki kemiringan yang curam dengan bentuk perisai pada sebagian besar sisi bawah, sedang sisi atas berbentuk pelana dengan gevel yang miring menghadap ke bawah. Pada ujung atas gevel biasanya dihiasi dengan kepala kerbau. Tanduknya dari kerbau asli dan kepalanya dari injuk yang dibentuk.Bagian-bagian konstruksi rumah diukir, dicat serta digambar dengan warna merah, putih dan hitam. Selain sarat dengan nilai filosofis, ornamentasi rumah memiliki keunggulan dekoratif dalam memadukan unsur alam dan manusia dengan unsur geometris. Menyampaikan sebuah ungkapan pertemuan masyarakat dapat dimunculkan dengan bentuk geometri segi empat yang ditengahnya diberi lingkaran lalu diberi corak ragam hias manusia beruang berkeliling lingkaran. Menyampaikan sebuah ungkapan hubungan dua manusia ditampilkan dengan bentuk geometri kotak melambangkan dekorasi badan manusia di mana bagian atas dan bawahnya diberi kepala dalam posisi berlawanan arah. Corak ragam ornamen ini selalu berulang, melalui proses tradisi turun temurun, berkembang dan berpadu saling melengkapi dengan bentuk dekorasi lain.
                               Masyarakat Batak Simalungun mempercayai adanya kekuatan roh halus, membedakannya dari yang baik dan jahat. Untuk menolak yang jahat agar tidak mengganggu penghuni rumah juga diwujudkan dengan ornamentasi konstruksi rumah dengan bentuk tertentu. Hiasan penolak roh jahat ini dapat berupa kepala manusia dan bentuk-bentuk yang runcing. Hiasan lain yang khas adalah pengecatan pada penampang balok-balok horizontal di kolong rumah. Balok-balok berbentuk silinder ini hanya berposisi 2 modul struktur pada bagian depan rumah. Di bagian belakangnya digantikan tiang-tiang yang berposisi vertikal.
Denah rumah memanjang ke belakang dengan tiga modul struktur di bagian depan dan 5 sampai 7 modul ke belakang. Dua pintu terletak di bagian depan dan belakang. Untuk mencapai rumah digunakan anak tangga yang berjumlah ganjil. Satu modul struktur bagian depan tidak berdinding dan digunakan sebagai beranda/teras. Bagian tengah modul ini juga dihilangkan dan digantikan dengan tangga utama menuju rumah. Dengan demikian terbentuk teras yang berjumlah dua dan berada di kiri-kanan tangga utama. Karena teras berada satu level dengan lantai rumah panggung maka posisinya di atas. Untuk mengamankan dibuat pagar mengelilingi teras.
                           
                      g) Kabuapaten Nias


                            h) Kabupaten Humbang Hasundutan
                                           

      2. Pakaian Adat 
                 a) Kabupaten Asahan
                           
                     b) Kabupaten Batu Bara

                     c) Kabupaten Humbang Hasundutan
                                  

                      d) Kabupaten Karo

                 e) Kabupaten Labuhan Batu
                                       

                  f) Kabupaten Nias


                    g)Kabupaten Padang Lawas

                     h) Kabupaten phapak bharat
    
                  i) Kabupaten Samosir

                     i) Kabupaten simalungun
                             

   3.Upacara adat 
              a) Kabupaten Asahan - Upacara nyewu dina
                                 
      Upacara ini untuk memohon pengampunan Tuhan. Perlengkapan upacara untuk golongan bangsawan: takir pentang yang berisi lauk, nasi asahan, ketan kolak, apem, bunga telon ditempatkan di toples + diberi air, memotong kambing, dara/merpati, bebek/itik, dan pelepasan burung merpati. - Golongan rakyat biasa: nasi ambengan, nasi gurih, ketan kolak, apem, ingkung ayam, nasi golong dan bunga yang dimasukan dalam lodong serta kemenyan.
Upacara ini dilaksanakan setelah maghrib dan diikuti oleh keluarga, ulama, tetangga dan orang" terdekat.

                b) Kabupaten Karo

UPACARA ADAT PEMBUKAAN HARI RAYA KARO "
Upacara adat Karo dipimpin beberapa orang yang dijuluki Ratu yang ditunjuk oleh warga suku Tengger. Ratu tidak selalu berkonotasi perempuan sehingga bisa saja seorang laki-laki.
Rangkaian upacara dimulai dengan cerita pertemuan dua orang Ratu di sebuah tempat. Pertemuan tersebut melambangkan bersatunya roh leluhur laki-laki dan perempuan sebagai cikal bakal manusia.
Pertemuan tersebut juga menandai dimulainya upacara yang dibuka dengan pembacaan mantra oleh kedua Ratu. Setelah pembacaan mantra, kemudian Jimat Kelontongan dimandikan diiringi dengan tari Sodor, sebagai bagian terpenting dari rangkaian upacara Karo.

                 c) Kabupaten Nias
Lompat Batu Nias adalah salah satu warisan budaya leluhur kita"yang turun-temurun hingga kita masyarakat nias saat ini,di mana pada jaman leluhur kita berperang melawan suku yang satu dengan suku yang lain,namun untuk memasuki area musuh tidak selalu mudah apalagi untuk mengalahkanya,karena di beberapa wilayah musuh,memiliki kubu prtahanan yang sangat kuat di antara beberapa titik yaitu bambu runcing yang merupakan
benteng pertahanan,namun ketangkasan para leluhur kita melatih diri melalui lompat batu dengan penuh semangat dan percayadiri
sehingga kubu pertahanan musuh dapat di lalui dengan lompatan yang sangat tinggi,akhirnya benteng pertahanan musuh menjadi rubuh dan setelah itu musuh di kalahkan...



No comments:

Post a Comment